Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - News - Kenali ini Jenis Warna Surat Tilang Polisi

Kenali ini Jenis Warna Surat Tilang Polisi

Posted on Agustus 15, 2017 in News

siamplop.com -Apakah Anda pernah terkena tilang polisi? Mudah-mudahan belum. Masih tetap ingatkah, warna lembar surat yang didapatkan? Jangan pernah salah warna dan Anda terkecoh.

Ada lima warna lembar surat tilang. Setiap warna mempunyai peruntukan berlainan.

Di bawah ini keterangan polisi masalah warna lembar surat tilang, seperti diambil dari pengumuman Ditlantas Polda Metro Jaya.

Type Lembar Tilang yang Berlaku

Tentang slip tilang berwarna biru, supaya di ketahui dalam Surat Ketentuan Kapolri No Pol : SKEP/443/IV/1998, tgl 17 April 1998 pemakaian blanko biru dapat dikerjakan.

Type blanko Lembar Tilang yang berlaku :
1. Warna merah : Untuk Pelanggar jika pelanggar menginginkan mengikut sidang di Pengadilan Negeri.
2. Warna biru : Untuk Pelanggar jika pelanggar menginginkan membayar denda tilang lewat Bank yang sudah ditunjuk.
3. Warna kuning : Arsip Kepolisian
4. Warna putih : Arsip Kejaksaan
5. Warna hijau : Arsip Pengadilan

Bila Pelanggar memohon blanko tilang berwarna biru jadi pelanggar tidaklah perlu sekali lagi ikuti sidang di Pengadilan, dapat membayar segera di Bank BRI. Tetapi slip tilang berwarna Biru ini dikenai denda sesuai sama Undang-Undang No. 22 Th. 2009 mengenai Jalan raya & Angkutan Jalan.

Contoh :
– Tidak mempunyai SIM. Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1) Denda : Rp 1. 000. 000
Info : Dengan blanko tilang warna biru tidak mematuhi pasal ini, Pelanggar diharuskan untuk membayar denda yakni Rp 1. 000. 000 serta disetorkan ke Bank BRI yang sudah ditetapkan.

Hal semacam ini berlainan bila pelanggar ditilang memakai Blanko warna merah, karna denda untuk blanko tilang warna merah ditetapkan berdasar pada Ketentuan Hakim di Pengadilan Negeri yang ditunjuk.

Dengan keterangan ini sangat mungkin pelanggar jalan raya yang ditilang Petugas Polri bisa memohon pada Petugas di lapangan untuk ditilang dengan memakai blanko warna biru atau dapat pula blanko warna merah.

Silahkan dilaporkan ke Propam Polda Metro Jaya Telp 021-5234469 jika ada Petugas dilapangan tidak memberi surat tilang dalam penindakan pelanggaran jalan raya. Sekalian nama Petugas, pangkat, tempat serta urutan peristiwa.

Sumber: http://www.siamplop.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *