Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - Fashion - Perlukah Cincin Pernikahan dan Perhiasan Dalam Pernikahan?

Perlukah Cincin Pernikahan dan Perhiasan Dalam Pernikahan?

Posted on Juli 13, 2017 in Fashion Home & Family

Banyak yang bertanya-tanya, perlukah cincin kawin dan perhiasan dalam pernikahan? Memang hal ini sedikit menjadi kontrofersi. Namun, sebaiknya hal ini dikembalikan lagi pada siapa yang akan menjalani pernikahan yaitu si calon pengantin pria dan calon pengantin wanita.

Ada yang menjadikan cincin kawin sebagai mahar atau mas kawin. Namun, ada pula yang menjadikan cincin kawin itu sebagai pemberian saja dari pengantin pria. Baik dijadikan sebagai mas kawin ataupun pemberian dari suami, cincin kawin dapat berupa cincin emas, perak atau bahan lainnya.

Sebenarnya masalah mas kawin adalah hak pengantin wanita untuk meminta apa syarat untuk menjadikannya sebagai sang istri. Oleh sebab itu, sebenarnya sang calon pengantin wanita bisa meminta apapun. Namun, dikembalikan lagi secara Islami bahwa sebaik-baik mahar atau mas kawin adalah yang meringankan suaminya.

Dari wacana di atas, hendaknya calon pengantin wanita meminta mas kawin dengan menyesuaikannya dengan kemampuan calon pengantin wanita. Dalam artian, jangan sampai memberatkan pihak suami. Nah, untuk anda calon pengantin wanita sebaiknya sesuaikan permintaan mas kawin anda dengan kemampuan calon pasangan anda.

Sedangkan untuk perhiasan, sebenarnya tergantung pada kesepakatan antara kedua belah pihak juga. Namun, perhiasan adalah simbol dari kemewahan. Jadi sebaiknya menggunakan perhiasan seperlunya saja tidak perlu memaksakan diri untuk memberi hadiah perhiasan jika memang di luar kemampuan.

Bila cincin saja atau jenis mas kawin maupun hadiah lain yang lebih ringan memungkinkan, sebaiknya tidak perlu berlebih-lebihan. Kecuali memang calon pengantin pria memang sudah mampu memberikannya dan ingin memberikannya serta tidak memberatkan, maka hal itu tidak menjadi masalah.

Dari itu semua, hal yang paling penting adalah keikhlasan kedua belah pihak dan tidak memaksa atau memberatkan salah satunya. Oleh sebab itu, diskusi dan fikiran terbuka sangat diperlukan dalam menjalin kerja sama antara calon pengantin pria dan wanita. Kerja sama yang baik akan membawa kalian pada tujuan pernikahan dan kelancarannya. Oleh sebab itu, persiapkan segala sesuatunya agar pernikahan anda lancar dan membahagiakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *