Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - Fashion - Mengenal Lebih Dekat Jahe Gajah

Mengenal Lebih Dekat Jahe Gajah

Posted on Juli 8, 2017 in Fashion Health & Fitness

Tanaman rempah ini pertama kali berasal dari india. Dari india, jahe ini kemuadian menyebar ke asia tenggara hingga timur tengah. Sudah sejak lama jahe digunakan sebagai bumbu masak. Rasanya yang pedas dan hangat ini membuat jaher menjadi komoditas yang sangat terkenal di eropa.

Jahe Gajah


Ada bermacam macam tipe jahe, diantaranya adalah jahe gajah. Mengapa disebut dengan jahe gajah? Karena bentuk rimpang jahe yang besar dari pada jenis jahe yang lain. Daging jahe gajah berwatna kuning dan ada pula yang putih. Walaupun demikian, jenis jahe gajah ini menjadi jenis jahe yang tidak kalah peminatnya baik yang di Indonesia maupun di luar negeri.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis jahe yang sangat digemari oleh masyarakat. Beberapa manfaat dari jahe seperti untuk kesehatan, untuk kecantikan, bumbu masakan bahkan diantaranya memanfaatkan jahe untuk dijadikan sebagai wedang jahe. Apabila dibandingkan dengan jenis jahe yang pada umumnya, maka Jahe gajah atau jahe badak ini, mempunyai bentuk fisik yang cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Pada ruas jahe gajah cenderung lebih kembung jika dibandingkan dengan jahe emprit.

Pada bagian rimpang jahe gajah berwarna kuning dan mempunyai serat halus serta lembut. Kebanyakan orang memanfaatkan jahe gajah sebagai minuman herbal serta obat tradisional. Untuk penjualan jahe gajah bisa dikatakan masih memerlukan stock karena tidak di semua pasar baik pasar tradisional maupun moder tidak menjual jahe gajah. Karena hal ini lah menjadi satu faktor penyebab hal mengapa jahe gajah tidak banyak ditemukan di pasar yaitu karena proses penanaman jahe gajah tidak semudah jenis rimpang lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa Jahe gajah memerlukan perawatan optimal supaya rimpang nya sesuai dengan yang diinginkan. Jahe gajah memerlukan asupan air yang cukup serta di bulan pertama penanaman jahe gajah belum membutuhkan sinar matahari secara langsung. Oleh karena nya, wajar jika jahe ini masih langka di pasaran. Walaupun tidak mudah untuk ditanam, bukan berarti tidak bisa dibudidayakan. Faroka menyarankan kepada anda untuk mulai menanam sendiri jahe gajah ini di pekarangan rumah maupun di taman-taman rumah anda supaya anda bisa memanfaatkan jahe gajah ini tanpa tergantung dengan jumlah stok di pasar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *