Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - Home & Family - Fungsi Penting Inkubator Bayi Prematur Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Fungsi Penting Inkubator Bayi Prematur Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Posted on April 8, 2017 in Home & Family

Inkubator bayi adalah alat kesehatan didalam dunia medis yang akan memberikan kehangatan, kelembaban, serta oksigen yang dibutuhkan oleh bayi.  Dengan Inkubator maka suhu kelembaban atau pun kehangatan bayi akan dapat diatur dan dikontrol sesuai kebutuhan kesehatan bayi. Alat kesehatan ini khusus dibuat untuk bayi yang membutuhkan penanganan khusus. Tidak wajib untuk semua bayi menggunakan Inkubator setelah dilahirkan.

harga inkubator bayi prematur

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetahui sejarah tentang awal mula adanya Inkubator ini. Inkubator ini awalnya ditemukan oleh  Dr. Alexander Young di tahun 1907. Tentu sudah lama sekali bukan Inkubator ini telah ada. Akan tetapi Inkubator yang ada ditahun itu tentu masih merupakan wujud Inkubator yang sangat sederhana.

Hal ini berbeda dengan Inkubator yang ada sekarang yang telah canggih dengan segala fasilitas untuk mendukung kesehatan bayi.  Seorang ilmuan Piere Constan melakukan penelitian tentang temperatur atau suhu tubuh bayi terhadap mortalitas bayi.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa bayi yang baru lahir bisa bertahan hidup jika lingkungan dan kelembaban sesuai dengan kondisi tubuh pada bayi.  Karena itulah yang menjadikan dasar pengembangan alat Inkubator bayi diciptakan.

Inkubator bayi diciptakan dengan bentuk seperti troli dengan adanya matras kecil yang tertutup.  Chamber inkubator akan memberikan kenyamanan pada bayi yang ada didalamnya. Karena inkubator akan memberikan lingkungan yang sesuai dengan kondisi bayi, melindungi bayi dari suara bising lingkungan, suhu luar, tangan-tangan sekitar yang mungkin bisa saja mengganggu kondisi bayi setelah dilahirkan.

Cara Inkubator menjaga bayi dengan menggunakan sensor yang ditempelkan pada kulit bayi, kemudian pemanas yang yang ada didalam inkubator akan menjaga suhu bayi agar tetap hangat sehingga tidak kedinginan saat malam tiba atau saat musim hujan(dingin).  Suhu inkubator dikontrol dengan menggunakan alat termostat dengan aliran udara yang dipanaskan.

Dalam inkubator bagian bawah bayi ada aliran udara elektrik dan sistem kelembaban yang berfungsi mensirkulasikan udara dari lembab hingga panas sesuatu dengan temperatur kelembaban yang sesuai dengan chamber yang berada di inkubator. Jika bayi kekurangan oksigen bisa juga ditambahkan oksigen dalam inkubator.

Untuk jenis inkubator bayi yang ada cukup beragam. Salah satu jenis inkubator bayi yang biasa digunakan yaitu inkubator bayi prematur. Inkubator jenis ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan inkubator bayi lainnya. Hanya saja lebih dikhususkan untuk bayi yang kondisinya membutuhkan perawatan lebih.  Jenis inkubator ini memiliki harga yang berbeda, untuk memperoleh detail mengenai harga inkubator bayi prematur bisa didapatkan dari website toko alat kesehatan, atau bisa juga mendatangi langung toko alat kesehatan yang jual inkubator bayi

 Inkubator sendiri merupakan fasilitas yang wajib ada dirumah sakit. Karena fungsinya yang sangat penting.  Inkubator sendiri biasanya berada di ruangan NICU ( Neonatal Intensive Care Unit).

Inkubator bayi sangat dibutuhkan pada bayi yang mengalami usia kelahiran 36 minggu (kelahiran bayi prematur) sehingga sangat dibutuhkan alat ini untuk menjaga kesehatan bayi.  Untuk setiap orang tua pastilah menginginkan kondisi buat hati tetap terjaga. Inkubator bayi sendiri merupakan salah satu alat untuk penunjang kesehatan bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *