Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - Travel & Leisure - Pantai Yeben, Wisata Raja Ampat yang Memiliki Ketentuan Khusus

Pantai Yeben, Wisata Raja Ampat yang Memiliki Ketentuan Khusus

Posted on Maret 1, 2017 in Travel & Leisure

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan khusus dengan beragam biota laut, maka Pantai Yeben menjadi tujuan wisata di Raja Ampat yang wajib dikunjungi. Hal ini dikarenakan banyaknya biota laut yang masih terjaga keasliannya dan tidak dapat Anda temukan di tempat lainnya. Berdasarkan hal tersebut, tidak mengherankan jika pantai ini memiliki sejumlah ketentuan khusus yang harus dipatuhi oleh para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya. Apa sajakah ketentuan tersebut? Untuk mengetahuinya, Anda perlu menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Ketentuan untuk Pengunjung Pantai Yeben
Setiap pengunjung wajib memiliki ID Pass berupa pin selama berkunjung di Raja Ampat termasuk saat berada di Pantai Yeben. ID Pass tersebut menjadi bukti bahwa Anda memasuki kawasan wisata Raja Ampat secara legal. Bagaimana untuk mendapatkan ID Pass tersebut? ID Pass tersebut dapat Anda beli dengan harga Rp 500.000 bagi wisatawan domestik dan Rp 1.000.000 untuk wisatawan mancanegara. Penggunaan ID Pass hanya berlaku untuk orang dewasa saja, sehingga apabila Anda mengajak anak di bawah usia 12 tahun tidak perlu menggunakannya. Harga tersebut memang terbilang tidak murah, namun Anda tidak perlu khawatir karena ID Pass tersebut berlaku untuk satu tahun, sehingga saat Anda berkunjung kembali ke Raja Ampat sebelum masa berlaku ID Pass tersebut habis, maka Anda tidak perlu membelinya lagi. Uang yang diperoleh dari penjualan ID Pass tersebut digunakan untuk membiayai konservasi laut.

Khusus untuk pengunjung yang akan menyelam di kawasan Pantai Yeben hanya diizinkan bagi yang memiliki sertifikat. Ketentuan ini diberlakukan berdasarkan beberapa hal, pertama untuk melindungi biota laut yang terdapat di dalamnya. Seperti yang diketahui, saat ini banyak biota laut di sejumlah pantai yang rusak karena kegiatan menyelam yang dilakukan melebihi batas. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka pengelola membuat ketentuan yang cukup ketat. Selain itu, pergerakan ombak di pantai ini juga berbeda dengan pantai lainnya di Raja Ampat, sehingga dikhawatirkan bagi penyelam yang belum bersertifikat tidak dapat bertahan saat adanya ombak besar.

Ketentuan terakhir yang harus diperhatikan adalah penggunaan pakaian menyelam yang lengkap untuk menghindari luka yang mungkin terjadi. Ketentuan ini dibuat untuk memastikan keamanan Anda terjaga selama proses penyelaman. Bagi Anda yang tidak membawa pakaian menyelam, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat penyewaan yang melayani berbagai kebutuhan menyelam.

Bagaimana menurut Anda ketiga ketentuan tersebut? Meskipun terkesan tidak biasa, namun setiap ketentuan dibuat dengan tujuan yang baik. Ketentuan tersebut dibuat tidak hanya untuk melindungi keaslian biota laut yang ada di dalamnya tetapi juga untuk memastikan keamanan Anda selama berwisata. Oleh karena itu, sebagai pengunjung Anda diharapkan untuk mematuhinya agar kegiatan berwisata di Pantai Yeben berjalan dengan menyenangkan.Nah, bagi anda yang ingin berwisata ke pantai yeben bisa menghubungi penyedia raja ampat adventure untuk kesini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *