Berita Dunia

Membawa Informasi Dunia Kepada Anda

Home - Business & Economy - Ciri-ciri Sapi Dengan Kualitas Super

Ciri-ciri Sapi Dengan Kualitas Super

Posted on Februari 15, 2017 in Business & Economy

Mencari atau memilih calon bakalan sapi yang memiliki kualitas super merupakan langkah awal dalam memulai sebuah usaha penggemukan sapi potong. Beberapa criteria yang dapat anda lihat bila anda ingin mencari jenis sapi yang berkualitas adalah harus berdasarkan pada jenis, umur, serta cirri fisik yang ada pada sapi yang akan dipilih.

  1. Jenis Bakalan Sapi Yang Berkualitas

Memilih bakalan sapi potong untuk usaha penggemukan sebaiknya dipilih yang benar-benar memiliki kualitas yang bagus dan dari jenis sapi yang bagus pula. Bakalan sapi yang berkualitas biasanya bisa berupa sapi local yang berdarah murni dengan sapi yang dihasilkan dari proses persilangan. Sapi murni contohnya jenis sapi bali, sedangkan sapi hasil persilangan seperti sapi limousine dan sapi simental. Bila menggunakan sapi persilangan sebaiknya pilih yang bentuk fisiknya menyerupai induknya.

Namun perlu anda ingat bahwa tidak hanya jenis bakalan sapi yang berkualitas saja yang dibutuhkan dalam usaha penggemukan sapi, melainkan jenis pakan yang baik pun juga menentukan hasil keuntungan yang  didapatkan nantinya. Sehingga sapi potong tetaplah harus dijaga dan diberi pakan secara teratur agar lebih cepat dalam mengalami proses penggemukan.

  1. Umur

Untuk usaha penggemukan sapi potong, umur sapi yang akan menjadi calon bakalan adalah sapi yang berumur sekirtar 2 hingga 3 tahun. Umur-umur tersebut merupakan umur yang ideal dan paling optimal untuk memulai sebuah usaha penggemukan sapi potong. Karena jika dipilih umur sapi yang kurangdari 2 tahun akan membuat pertumbuhan berat badannya menjadi lama sehingga belum optimal.

  1. Keadaan Atau Kondisi Fisik

Kondisi fisik yang baik untuk calon bakalan sapi harus memenuhi criteria seperti terlihat sehat, aktif, segar, tidak lesu, serta tidak mengalami cacat atau pertumbuhannya normal. Dengan memenuhi criteria tersebut makan sapi potong akan mengalami proses pertumbuhan secaraoptimal dengan hasil yang maksimal. Selain beberapakriteria tadi anda juga bisa melihatnyadari bentuk fisiknya seperti: badannya proporsional, tubuhnya panjang, dadanya lebar, bulunya pendek dan kering, matanya bersinar, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *